Followers My Blog

Mini Facebook

Apa itu WORM ... Mau Kenal ... ??? :D


Worm merupakan suatu malware. Nama worm berasal dari novel fiksi science yang berjudul “The Shockwave Rider” yang dipublikasikan tahun 75 oleh John Bruner. Dua peneliti yaitu John F Shock dan Jon A Hupp dari Xerox PARC memilih nama worm itu dalam suatu paper yang berjudul “The Worm Program” yang dipublikasikan tahun 1982. Worm ini pertamakali diimplentasikan untuk meningkatkan siklus CPU secara efisien melewati keseluruh jaringan. Akan tetapi jika worm ini diluar kontrol akan mengakibatakan downnya sistem komputer tersebut. Worm ini sangat mirip dengan suatu alat atau sarana untuk mereplikasi diri.

Definisi worm adalah sebuah program atau algoritma yang mereplikasi dirinya sendiri pada jaringan komputer dan biasanya melakukan tindakan-tindakan merugikan, seperti menggunakan sumber-sumber komputer untuk mematikan sistem.

Awalnya worm hanya memiliki satu tujuan yaitu mematikan sistem komputer. Akan tetapi worm yang dikenalkan oleh Robert Tappan Morris menyebabakan program error diluar kontrol dan secara efektif mereplesikan dirinya sendiri melalui internet melimpahi sumber-sumber dan akhirnya mematikan sistem secara keseluruhan. Sejak inilah dunia internet terancam keamanannya. Berbagai jenis worm yaitu : Morris worm, ExploredZip worm, Code Red worm, Code Red II worm, Nimda worm, ILOVEYOU worm dan lain-lain. Dari semua worm tersebut mempunyai kesamaan karakter yaitu mereplikasikan diri dan bertujuan memenuhi semua sumber daya di sistem dan mematikan.

Jika dianalisa serangan worm itu adalah pertama worm memperoleh kontrol atas web server melalui buffer overflow. Kedua worm mulai melakukan proses infeksi dengan cara membuat daftar alamat IP random. Ketiga worm akan menginfeksi pada sumber daya lain yang terkoneksi dengan lingkungan yang sudah terinfeksi. Keempat worm menyebar dengan sendirinya tanpa bantuan manusia dan program lain. Kelima worm ini bersifat aktif.

Adapun penyebaran worm bisa melalui e-mail, web, file HTML, dan network share. Sedangkan dampak dari serangan worm ini selain mematikan sistem secara otomatis maka akan merugikan sekali jika ditinjau secara ekonomi yaitu bisa rugi jutaan dolar akibat worm ini. Karena sangat merugikan apalagi jika digabung dengan berbagai serangan lainnya seperti virus dan trojan horse serta jenis serangan lain maka bisa dibayangkan akibatnya. Oleh sebab itu perlu penanganan yang serius soal worm ini.

Cara penanganannya yaitu dengan pencegahan seperti tidak membaca e-mail dan attachnya dengan sembarangan, tidak memasuki web yang tak dikenal secara baik, memasang anti-virus, anti-spam, dan firewall. Dan jika sudah terinfeksi maka harus diisolasi dan dibersihkan secepatnya supaya tak menyebar keseluruh sistem.

Sumber : ID-SIRTII

2 komentar:

Danoe Koerniawan mengatakan...

thanks, dah bantu banget

Cah Ganteng mengatakan...

okey gan... sama2.... goodluck dan ikuti terus blog kami... ;'))

100 Blog Indonesia Terbaik




My blog is worth $1,129.08. How much is your blog worth?






Lomba Blog Antar Pelajar dan Mahasiswa





Masukkan Code ini K1-5DAFCE-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com