Followers My Blog

Mini Facebook

Apa itu drupal? Mari Mengenal Drupal ... ^_^

Pernahkah anda mengunjungi situs Yahoo Research? Situs yang sudah terkenal di seluruh dunia. Ternyata dibalik tampilannya yang begitu elegan, situs ini dibangun dengan memanfaatkan CMS drupal. Apaan tuh drupal?

drupal dapat di definisikan sebagai Content Management System (CMS) yang berbasis web yang memiliki lisensi open source. Drupal dilengkapi dengan berbagai fitur yang powerful sehingga dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Mulai dari personal blog, website, forum bahkan corporate website yang kompleks.

Kapan kemunculan drupal dan bagaimana kisahnya? Drupal diciptakan dari sebuah percobaan yang sederhana, pada tahun 2000 Driest Buytaert dan Hans Snidjer yang merupakan mahasiswa dari Universitas Antwerp membuat sebuah website sederhana untuk keperluan diskusi atau berbagi hal-hal yang ringan bersama dengan teman-temanya. Perangkat lunak ini tidak memiliki nama sampai akhirnya mereka lulus dari universitas tersebut.

Agar mereka bisa tetap saling berkomunikasi maka mereka memutuskan untuk menempatkannya secara online. Kemudian Dries memilih ‘drop.org’ sebagai domain yang artinya ‘dusun’ dalam bahasa belanda. Drupal sendiri berasal dari kata ‘druppel’ yang berarti ‘drop’. Kemudian pada bulan januari 2001 Dries memuutuskan untuk me-release perangkat lunak dibelakang ‘drop.org’ yang diberi nama drupal. Hal ini dapat memungkinkan orang lain untuk memakai dan mengembangkan platform experimen itu sehingga akan lebig banyak yang mengeksplorasi ide-ide baru untuk perkembangan lebih lanjut.

Dalam waktu yang singkat, drupal menjadi CMS terbaik dan terus dikembangkan hingga saat ini. Banyak perubahan dan perbaikan yang telah dilakukan sehingga drupal menjadi software yang sangat powerful. Drupal memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh CMS lain. Simak kelebihan drupal dan siapa saja yang sudah memakai drupal pada artikel selanjutnya.


Dikutip dari : http://web.herfia.com/

0 komentar:

100 Blog Indonesia Terbaik




My blog is worth $1,129.08. How much is your blog worth?






Lomba Blog Antar Pelajar dan Mahasiswa





Masukkan Code ini K1-5DAFCE-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com